Skip to main content

Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel

Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel by Santrie Salafie

Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel? Bagaimana Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel yang benar? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel.

CARA PENJUMLAHAN DI MS. EXCEL

Bagaimana cara menjumlah di Ms. Excel? Sekarang kita akan belajar tentang cara penjumlahan di Ms. Excel, baik itu penjumlahan ke bawah, antar kolom ataupun antar sheet yang berbeda menggunakan rumus-rumus Ms. Excel. Sekaligus tips rumus jumlah Ms. Excel.

Cara Penjumlahan di Ms. Excel baik itu ke bawah ataupun ke samping, serta cara penjumlahan antar kolom pada sheet yang sama ataupun sheet yang berbeda pada Ms. Excel 2016 , 2013 , 2010 , 2007 dan 2003.

Cara penjumlahan di Ms. Excel ini akan melengkapi pembahasan sebelumnya, yaitu tentang Operasi Aritmatika Dasar di Ms. Excel.

Menjumlahkan data di Ms. Excel merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang yang sedang belajar Ms. Excel.

Untuk menjumlah beberapa nilai pada Ms. Excel, kalian dapat menggunakan tkalian atau operator plus ( + ).

Contohnya menjumlahkan angka 10 , 20 dan 30, maka rumus penjumlahannya adalah :

=10+20+30

Jika masing-masing angka tersebut berada di cell A1,B1 dan C1 maka rumus jumlahnya adalah:

=A1+B1+C1

Menjumlah secara terpisah untuk sebuah range data yang cukup banyak tentu kurang efisien. Selain menggunakan operator + , penjumlahan di Ms. Excel juga dapat dilakukan dengan fungsi SUM .

Contohnya untuk menjumlahkan range A1:A500, maka rumus penjumlahan yang dapat kalian gunakan :

=SUM(A1:A500)

Jika kalian meletakkan hasil penjumlahan tepat di bawah atau disamping sebuah range data yang akan dijumlahkan, gunakan Shortcut Alt + =.

Seumpama, kalian ingin menjumlahkan angka pada range A1 : A99 , letakkan kursor pada cell A100 kemudian tekan shortcut Alt + =

Setelah menekan tombol (Shortcut) tersebut, secara otomatis Ms. Excel memasukkan rumus -> =SUM(A1:A99) pada cell tersebut.

Cara penjumlahan di Ms. Excel dengan ke 3 metode tersebut, termasuk cara yang paling dasar yang digunakan untuk menghitung jumlah di Ms. Excel .

Ms. Excel juga sudah menyediakan berbagai fungsi, yang dikhususkan untuk penjumlahan data di Ms. Excel sesuai dengan kondisi serta kebutuhan tertentu. Fungsi atau rumus Ms. Excel tersebut diantaranya:

  • Rumus SUM
  • Rumus SUMIF
  • Rumus SUMIFS
  • Rumus SUMPRODUCT
  • Rumus SUBTOTAL

Selanjutnya akan kita bahas contoh-contoh penjumlahan pada microsoft excel ini.

1. RUMUS MS. EXCEL PENJUMLAHAN KE BAWAH

Untuk melakukan penjumlahan data penjualan barang pada masing-masing kolom atau masing-masing toko seperti pada contoh di atas ada beberapa cara penjumlahan yang bisa lakukan.

  • 1.1 Cara Penjumlahan Ke Bawah menggunakan Operator Plus ( + ) pada Ms. Excel

Cara penjumlahan di Ms. Excel yang pertama adalah menggunakan operator plus ( + ) . Untuk melakukan penjumlahan dengan cara ini masukkan rumus exel berikut pada sel B8:

=B4+B5+B6+B7

Rumus Excel Penjumlahan Ke Bawah Dengan Operator Plus

Cara ini tentu kurang efektif, jika data yang kita jumlahkan cukup besar . Alternatifnya adalah menggunakan fungsi SUM.

  • 1.2 Cara Penjumlahan Ke Bawah menggunakan Fungsi SUM pada Ms. Excel

Cara kedua, untuk menjumlahkan data ke-bawah pada Ms. Excel adalah menggunakan fungsi-SUM pada Ms. Excel. Untuk melakukan penjumlahan data menggunakan fungsi SUM, tulis rumus Ms. Excel berikut ini pada cell B8:

=SUM(B4:B7)

Selain menuliskan Fungsi SUM secara manual, kalian juga dapat menggunakan Shortcut Alt + = (untuk memasukkan Fungsi SUM diatas). Caranya: letakkan kursor pada cell B8, lalu tekan Shortcut Alt + =

Langkah selanjutnya adalah kalian tidak perlu secara manual menuliskan rumus tersebut ke cell-cell yang lain di sebalahnya, tapi hanya perlu copy-paste rumus ms. excel tersebut ke cell lain disebelahnya untuk Toko 2, dan Toko 3 baik secara manual atau dengan menggunakan fitur autofill excel.

  • 1.3 Cara Penjumlahan Data Ke Bawah menggunakan Fungsi SUBTOTAL pada Ms. Excel

Cara yang ketiga, untuk penjumlahan ke bawah pada data 1 kolom bisa menggunakan fungsi Subtotal, seperti rumus ms. excel dibawah ini:

=SUBTOTAL(109;B4:B7)

Apabila sudah ter-format sebagai tabel, kalian hanya tinggal mengaktifkan 'total row' pada Tab 'Design', lalu pilih menu SUM (pada baris total row tersebut).

Perhatikan gambar berikut ini:

Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel by Santrie Salafie

Lalu bagaimana cara menjumlahkan ke samping & antar kolom pada ms. excel?

2. RUMUS PENJUMLAHAN ANTAR SHEET

Contoh penjumlahan sebelumnya dapat berlaku, apabila cell yang akan dihitung saling berdekatan jumlahnya atau berada dalam 1 rentang Range (data) yang sama .Bagaimana jika data yang akan kita jumlahkan berada pada range data yang berbeda?

  • 2.1 Penjumlahan Berbeda Tabel Pada Sheet Yang Sama

Sebelum membahas penjumlahan antar Sheet, kita bahas dulu penjumlahan pada range yang berbeda pada sheet yang sama terlebih dahulu. Misalnya kita ingin menjumlahan tabel yang berbeda seperti untuk contoh gambar berikut:

Rumus Excel Penjumlahan Beda Tabel Pada Sheet Yang Sama

Untuk mengisi cell B13, yang termasuk jumlah penjualan Buku di Toko 1 (periode Januari & Februari) rumus yang dapat digunakan adalah :

=B4+H4

atau dengan fungsi SUM:

=SUM(B4;H4)

Pada Baris Jumlah (baris 17) Selain menggunakan rumus penjumlahan yang dijelaskan sebelumnya kalian bisa juga menggunakan rumus penjumlahan berikut:

=SUM(B4:B7;H4:H7)
  • 2.2 Penjumlahan Berbeda Tabel Pada Sheet Yang Berbeda

Bagaimana cara melakukan penjumlahan data berbeda sheet? Semisal kita mempunyai data penjualan pada bulan Januari berikut ini pada Sheet 1:

Kemudian kita juga mempunyai data penjualan pada bulan Februari pada sheet 2 dibawah. Pada sheet tiga, kita melakukan penjumlahan data pada bulan Januari dan bulan Februari. Bagimana caranya?

Pada Sheet 3, sel E4 tulislah rumus excel berikut:

=Sheet1!E4+Sheet2!E4
Atau jika menggunakan fungsi SUM, maka rumus excelnya adalah seperti dibawah ini:
=SUM(Sheet1!E4;Sheet2!E4)

Ya benar sekali, cara penjumlahan berbeda sheet atau penjumlahan antar sheet sebenarnya relatif sama, dengan beberapa rumus excel penjumlahan bahasan sebelumnya.

Hanya saja untuk referensi sel atau rangenya perlu kita tambahkan Nama Sheet dan Tkalian Seru(!) sebelum alamat sel atau range yang akan kita jumlahkan seperti pada contoh di atas.

Rumus penjumlahan berbeda sheet diatas tentunya bukan satu-satunya rumus yang bisa kalian gunakan.

Untuk penjumlahan berbeda sheet namun berada pada rentang data yang sama kalian bisa juga menggunakan rumus penjumlahan seperti berikut:

=SUM(Sheet1:Sheet2!B4:D4)

Dengan rumus diatas, Ms. excel akan menjumlahkan setiap sel pada rentang B4:B7 yang ada pada Sheet1 dan sheet2.

Apabila kalian malas untuk menulis secara manual rumus diatas, maka cara menentukan referensi untuk rumus penjumlahan seperti diatas ialah sebagai berikut:

  1. Seleksi semua sheet yang akan dijumlahkan menggunakan tombol Ctrl (pada keyboard). Tahan, lalu ikuti dengan menyeleksi nama sheetnya. Untuk Sheet berurutan bisa juga memanfaatkan tombol Shift dan pilih akhir sheet yang dijumlahkan.
  2. Setelah sheet terseleksi atau terpilih, kemudian tentukan range data (yang akan dijumlahkan).

3. RUMUS PENJUMLAHAN ANTAR KOLOM PADA MS. EXCEL

Jika yang dimaksud dengan antar kolom adalah menjumlahkan dalam 1 baris data, misalnya untuk mengisi kolom "Total" pada tabel diatas , maka cara menjumlahkannya sama dengan rumus penjumlahan ke-bawah (seperti pembahasan diatas).

  • 3.1 Cara Menjumlahkan Antar Kolom menggunakan Operator Plus ( + )

Jika menggunakan operator plus ( + ) , maka rumus ms. excel penjumlahan yang dipakai untuk cell E4 adalah :

=B4+C4+D4

Copy-paste rumus tersebut ke cell-cell yang lain, dibawah pada kolom total. Cara jumlah di excel ini mirip dengan sebelumnya. Yang memebdakan adalah referensi sel mana saja yang akan di jumlahkan.

  • 3.2 Cara Penjumlahan Antar Kolom Dengan Rumus SUM

Jika menggunakan fungsi-SUM ms. excel, maka rumus yang dapat digunakan untuk penjumlahan pada cell-E4 kolom Total adalah :

=SUM(B4:D4)

Cara menjumlahkan data di excel dengan fungsi SUM ini merupakan cara yang umum di pakai oleh setiap pengguna microsoft excel.

  • 3.3 Cara Penjumlahan Antar Kolom Dengan Rumus SUBTOTAL

Jika menggunakan fungsi-subtotal untuk melakukan penjumlahan ke-samping atau antar-kolom , maka rumus yang dapat digunakan untuk cell-E4 pada kolom total adalah :

=SUBTOTAL(9;B4:D4)
atau
=SUBTOTAL(109;B4:D4)

4. Trik Khusus Rumus Ms. Excel

Sebelum saya tutup pembahasan ini, pada kasus penjumlahan antar-sheet , kalian dapat menggunakan trik rumus excel sebagai berikut:

*******
  • 4.1 Semisal kalian mempunyai file excel dengan nama Sheet : Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November dan Desember.

Untuk penjumlahan cell A1 pada setiap sheet dengan awalan huruf "M" ( Maret dan Mei ), tulis rumusnya seperti berikut ini:
  1. =SUM('M*'!A1)
  2. Lalu tekan Enter.
  3. Dan apa yang terjadi... ms. excel akan secara otomatis menentukan range penjumlahan yang dimaksud.
  • 4.2 Contoh lainnya, apabila kalian mempunyai file excel dengan nama sheet adalah nama kalender bulan yang diakhiri dengan tahun 2016, 2013, 2010, 2007, 2003 atau tahun-tahun yang lainnya.

Kemudian kalian bermaksud hanya ingin melakukan penjumlahan untuk sel A1 pada setiap sheet yang diakhiri dengan tahun 2010 maka coba tulis rumus berikut:

  1. =SUM('*2010'!A1)
  2. Lalu tekan Enter. Nah mudah bukan?

Saya tutup dulu pembahasan tentang Rumus Ms. Excel: Cara penjumlahan ke bawah , antar kolom & antar sheet . Jika dirasa bermanfaat jangan ragu-ragu untuk menekan tombol share dibawah, barangkali salah satu kawan kalian membutuhkan tutorial ini.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel diatas adalah:
  • Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel diatas bisa kita aplikasikan dalam pekerjaan kita sehari-hari dengan menggunakan Ms. Excel, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada ketelitian dan kehati-hatian kita masing-masing dalam mengaplikasikan rumus excel yang dilakukan.

Semoga dengan membaca Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita yang masih kebingungan dalam menggunakan rumus excel. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Rumus Ms. Excel Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->