Skip to main content

Hukum Membaca Doa Qunut Saat Shalat Menurut 4 Madzhab

Hukum Membaca Doa Qunut Saat Shalat Menurut 4 Madzhab by Santrie Salafie

Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat

Doa Qunut Dalam Shalat, Bagaimana Hukumnya? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang doa Qunut dalam shalat yang diambil dari fatwa Syaikh ‘Athiyyah Shaqar mengenai hukum membaca do'a qunut ketika shalat.

Pertanyaan:

Apakah doa Qunut dalam shalat itu disyariatkan? Jika disyariatkan, apakah dalam semua shalat? Adakah lafadz-lafadz tertentu?

Jawaban:

Qunut adalah doa yang disyariatkan dalam semua shalat lima waktu ketika terjadi bencana, berdasarkan hadits Ibnu Abbas, "Rasulullah Saw melaksanakan Qunut dalam shalat lima waktu selama satu bulan. Beliau mendoakan (laknat) kawasan Bani Sulaim; Ri'l, Dzakwan dan ‘Ushayyah, karena mereka telah membunuh sebagian shahabat yang dikirim untuk mengajarkan Islam kepada mereka.

Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ahmad. Juga sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari bahwa jika Rasulullah Saw ingin mendoakan yang tidak baik (laknat) atau yang baik untuk seseorang, beliau membaca doa Qunut setelah ruku'. Dalam riwayat ini disebutkan, "Rasulullah Saw mengucapkannya dengan suara terdengar (jahr). Beliau mengucapkan dalam sebagian shalatnya dan dalam shalat Shubuh:

Doa Qunut Rasulullah saw dengan suara Jahr by Santrie Salafie

"Ya Allah, laknatlah fulan dan fulan", dua kawasan Arab.

Hingga Allah Swt menurunkan ayat:

Doa Qunut dalam Qs Al Imran ayat 128 by Santrie Salafie

"Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim". (Qs. Al ‘Imran: 128).

Pendapat Ulama Ahli Fiqh tentang Doa Qunut

Berdasarkan ini maka doa Qunut dalam shalat Shubuh disyariatkan ketika terjadi bencana, sama seperti shalat-shalat yang lain. Adapun ketika tidak terjadi bencana, maka ada beberapa pendapat Fuqaha' (ahli Fiqh) secara ringkas.

Madzhab Hanafi dan Hanbali: tidak disyariatkan. Mereka berdalil dengan riwayat Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah, dari Anas, "Sesungguhnya Rasulullah Saw tidak membaca doa Qunut dalam shalat Shubuh, kecuali untuk mendoakan yang baik atau yang tidak baik (laknat) untuk mereka".

Madzhab Maliki dan Syafi'i: disyariatkan. Dalil mereka adalah riwayat jamaah ahli hadits, kecuali Imam at-Tirmidzi, bahwa Anas bin Malik ditanya, "Apakah Rasulullah Saw membaca doa Qunut dalam shalat Shubuh?". Beliau menjawab, "Ya".

Dan diriwayatkan oleh Ahmad, al-Bazzar, ad-Daraquthni, al-Baihaqi, al-Hakim, dinyatakan shahih oleh al-Hakim, dari Anas, ia berkata, "Rasulullah Saw terus menerus membaca doa Qunut dalam shalat Shubuh hingga beliau meninggal dunia".

Pembahasan dalil-dalil ini dan penjelasan tarjih-nya dapat merujuk kitab Zad al-Ma'ad karya Ibnu al-Qayyim yang setelah membahas beberapa riwayat beliau menjelaskan bahwa ahli hadits bersikap pertengahan antara mereka yang mengingkari Qunut secara mutlak bahkan ketika terjadi bencana dan diantara mereka yang menganggap baik Qunut secara mutlak, baik ketika terjadi bencana atau pun tidak terjadi bencana.

Pendapat Ulama Ahli Hadits tentang Doa Qunut

  • Ahli hadits tidak mengingkari orang-orang yang terus menerus berqunut dan tidak membenci perbuatan mereka tersebut, mereka tidak menganggapnya sebagai bid'ah dan pelakunya tidak dianggap sebagai pelaku perbuatan yang bertentangan dengan Sunnah.
  • Ahli hadits juga tidak mengingkari orang-orang yang mengingkari Qunut meskipun ketika terjadi bencana.
  • Ahli hadits tidak menganggap orang-orang yang tidak mau berqunut itu bid'ah dan bertentangan dengan Sunnah.

Akan tetapi, siapa yang berqunut, maka ia telah berbuat baik dan orang yang tidak mau berqunut juga telah berbuat baik, ini termasuk khilaf yang dibolehkan, khilaf yang tidak perlu bersikap keras di dalamnya, apakah melakukannya atau pun tidak melakukannya.

Sama seperti masalah apakah mengangkat kedua tangan atau tidak mengangkat kedua tangan dalam shalat. Saya katakan, "Khilaf dalam masalah ini sangat sederhana, khilaf dalam masalah sunnat, bukan wajib dan agama itu memberikan kemudahan".

Imam Ahmad dan beberapa pengarang kitab as-Sunan meriwayatkan dari Abu Malik al-Asyja'i bahwa ia mengatakan Qunut Shubuh itu bid'ah, karena ia melaksanakan shalat Shubuh di belakang Rasulullah Saw, Abu Bakar, Umar dan Ali, semua mereka tidak berqunut.

Ad-Daraquthni meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas berkata, "Qunut pada shalat Shubuh itu bid'ah".

Dapat digabungkan antara riwayat-riwayat yang menyatakan adanya Qunut Shubuh dan riwayat-riwayat yang menafikannya, bahwa mereka yang menjadi sumber riwayat ini terkadang berqunut dan terkadang tidak berqunut, karena Qunut itu sunnat, bukan wajib.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa riwayat yang menyatakan ada lebih didahulukan daripada riwayat yang menafikan. Jika sebagian shahabat tidak berqunut karena karena tidak melihat Rasulullah Saw berqunut, maka sesungguhnya tidak melihat itu tidak menunjukkan nafi secara mutlak.

Ibnu Hazm menyatakan bahwa Ibnu Mas'ud yang tidak berqunut, ia tidak mengetahui riwayat tentang meletakkan dua tangan diatas lutut ketika ruku'. Dan Ibnu Umar yang menyatakan tidak mendapatkan riwayat dari salah seorang shahabat tentang Qunut Shubuh, sebagaimana riwayat al-Baihaqi, ia tidak mengetahui riwayat tentang mengusap dua sepatu Khuff.

Doa Qunut Menurut 4 Madzhab

Ini tentang Qunut Shubuh, adapun Qunut Witir, maka hukumnya sunnat menurut Madzhab Syafi'i, dibaca pertengahan kedua di bulan Ramadhan. Adapun selain waktu ini, terdapat perbedaan pendapat:

  1. Madzhab Hanbali: Qunut itu sunnat pada shalat Witir pada satu rakaat, di sepanjang tahun.
  2. Madzhab Maliki dan Syafi'i: tidak disunnatkan. Satu riwayat dari Imam Ahmad juga menyatakan demikian.
  3. Madzhab Hanafi: sunnat dilakukan sepanjang tahun.

Qunut Witir Menurut Ibnu Taimiah

Ibnu Taimiah berkata dalam Majmu' Fatawa, jilid 22, halaman 264 – 269: adapun Qunut Witir, ada tiga pendapat ulama:

  1. Pertama, tidak dianjurkan sama sekali, karena tidak ada riwayat dari Rasulullah Saw bahwa beliau membaca doa Qunut dalam shalat Witir.
  2. Kedua, dianjurkan di sepanjang tahun, sebagaimana riwayat dari Ibnu Mas'ud dan lainnya. Karena dalam kitab-kitab as-Sunan disebutkan bahwa Rasulullah Saw mengajarkan doa kepada al-Hasan bin Ali, doa yang dibaca dalam Qunut Witir.
  3. Ketiga, Qunut dibaca pada pertengahan kedua (akhir) Ramadhan, sebagaimana yang dilakukan oleh Ubai bin Ka'ab.

Qunut Nawazil

Qunut Nawazil disyariatkan dalam shalat selain shalat Shubuh. Imam an-Nawawi berkata (beliau bermadzhab Syafi'i), "Dalam masalah ini ada tiga pendapat. Menurut pendapat yang shahih dan masyhur yang dipegang oleh jumhur ulama bahwa Qunut Nawazil disyariatkan dalam semua shalat, selama ada bencana. Jika tidak ada bencana, maka tidak dibaca doa Qunut Nawazil. Menurut Madzhab Maliki, jika dibaca, maka shalat tidak batal, hanya makruh".

Qunut Nawazil dibaca setelah ruku', demikian menurut Madzhab Syafi'i dan Hanbali dan dalam satu riwayat dari Imam Ahmad beliau berkata, "Menurut saya setelah ruku'. Jika dibaca sebelum ruku', maka tidak mengapa".

  • Menurut Madzhab Maliki dan Hanafi: Qunut Nawazil dibaca sebelum ruku'.
  • Menurut Madzhab Syafi'i: doa Qunut boleh dengan kalimat apa pun yang mengandung doa dan pujian, seperti:
  • Doa Qunut Imam Syafii by Santrie Salafie

    "Ya Allah, ampunilah aku wahai Maha Pengampun".

Doa Qunut Yang Paling Afdhal

Doa Qunut Yang Paling Afdhal by Santrie Salafie

"Ya Allah, berilah hidayah kepadaku seperti orang-orang yang telah Engkau beri hidayah. Berikanlah kebaikan kepadaku seperti orang-orang yang telah Engkau beri kebaikan. Berikan aku kekuatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kekuatan. Berkahilah bagiku terhadap apa yang telah Engkau berikan. Peliharalah aku dari kejelekan yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau menetapkan dan tidak ada sesuatu yang ditetapkan bagi-Mu. Tidak ada yang merendahkan orang yang telah Engkau beri kuasa dan tidak ada yang memuliakan orang yang Engkau hinakan. Maka Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Engkau Maha Agung".

Diriwayatkan dari al-Hasan bin Ali bahwa Rasulullah Saw mengajarkan doa ini kepadanya, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Daud, an-Nasa'i, at-Tirmidzi dan lainnya. At-Tirmidzi berkata, "Hadits Hasan. Tidak diketahui ada hadits yang lebih baik daripada ini diriwayatkan dari Rasulullah Saw".

Lafadz pilihan menurut Madzhab Hanafi adalah sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Mas'ud dan Umar:

Doa Qunut menurut Madzhab Hanafi by Santrie Salafie

"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon hidayah kepada-Mu, memohon ampun kepada-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu dan tidak kafir kepada-Mu. Kami melepaskan diri dan meninggalkan orang yang berbuat dosa kepada-Mu. Ya Allah, kepada-Mu kami menyembah, kepada-Mu kami shalat dan bersujud. Kepada-Mu kami bersegera dalam beramal dan berbuat kebaikan. Kami mengharap rahmat-Mu dan takut kepada azab-Mu. Sesungguhnya azab-Mu yang sangat keras menyertai orang-orang kafir".

Imam Nawawi berkata: "Dianjurkan menggabungkan antara doa Qunut riwayat Umar dengan doa Qunut riwayat al-Hasan. Jika tidak mampu, maka cukup membaca doa Qunut riwayat al-Hasan. Disunnatkan membaca shalawat kepada nabi setelah membaca doa Qunut". Wallahu a'lam.

Rujukan:

  • Fatawa al-Azhar, juz. IX, hal. 5 [Maktabah Syamilah].

Penutup: semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Hukum Membaca Doa Qunut Saat Shalat Menurut 4 Madzhab, dan mudah-mudahan bisa selalu istiqamah dalam kebaikan. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Hukum Mengangkat Kedua Tangan Ketika Berdoa.

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->