Skip to main content

Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel

Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel by Santrie Salafie

Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel? Bagaimana Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel yang benar? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel.

RUMUS PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PEMBAGIAN DAN PERKALIAN DI MS EXCEL

Panduan rumus penjumlahan ms. excel, rumus pengurangan ms. excel, rumus perkalian ms. excel, dan rumus pembagian ms. excel untuk pemula pada operasi aritmatika dasar menggunakan ms. excel.

Bagaimana cara melakukan penjumlahan? pengurangan? perkalian? serta operasi pembagian pada ms. excel?

Salah satu hal terpenting yang perlu kita kuasai ketika belajar ms. excel adalah melakukan operasi matematika penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hal ini sebenarnya sudah pernah disinggung sedikit pada postingan tentang Operator Perhitungan Microsoft Excel. Namun dalam artikel tersebut penjelasannya masih umum.

Untuk mengerjakan pengurangan dan pembagian , ms. excel tidak menyediakan fungsi khusus. Berbeda dengan cara menjumlahkan data di ms. excel dan melakukan perkalian angka, dimana ms. excel menyediakan fungsi SUM , SUMIF , SUMIFS , dll.

Agar lebih jelasnya, akan kita bahas satu per satu mengenai cara menggunakan rumus ms. excel untuk penjumlahan , pengurangan , perkalian dan pembagian yang merupakan bagian dari operasi aritmatika dasar .

RUMUS PENJUMLAHAN DI MS EXCEL

Bagaimana rumus penjumlahan di ms. excel ? Ada beberapa alternatif cara yang dapat anda lakukan untuk menjumlahkan data-data pada ms. excel.

1. Cara Penjumlahan Ms. Excel yang Pertama

Cara paling dasar untuk melakukan penjumlahan pada ms. excel ialah menggunakan operator plus ( + ) atau simbol tambah .

Cara penulisan rumus excelnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 130,170,110,90,180 dan 190 maka rumus excelnya kita tulis :

=130+170+110+90+180+190
Rumus Ms Excel Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel by Santrie Salafie

Jika ingin menjumlahkan angka-angka di dalam sebuah cell atau range excel, misalnya ingin menjumlahkan angka pada cell C2 hingga C7, maka rumus excel penjumlahannya adalah sebagai berikut:

=C2+C3+C4+C5+C6+C7

2. Cara Penjumlahan Ms. Excel yang Kedua

Selain menggunakan tanda plus ( + ) , penjumlahan di ms. excel juga bisa dilakukan dengan fungsi SUM, yang sudah tersedia dilembar kerja pada ms. excel.

Rumus penjumlahan ms. excel menggunakan fungsi SUM lebih sering menjadi pilihan pengguna daripada menggunakan tanda plus ( + ) . Cara ini lebih simple & efisien, jika cell yang akan dijumlahkan berurutan & banyak.

Contoh untuk menjumlahkan data angka pada range D 2 sampai D 7, maka rumus ms. excel dapat menggunakan seperti dibawah ini:

=SUM(D2:D7)

Agar semakin jelas, perhatikan gambar berikut:

Rumus Ms Excel Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel by Santrie Salafie

3. Cara Penjumlahan Ms. Excel yang Ketiga

Selain fungsi SUM, ms. excel juga menyediakan beberapa fungsi yang lain untuk penjumlahan . Tentunya dengan ke-khas-an dan keperluan yang berbeda-beda untuk masing-masing fungsi.

Diantara fungsi penjumlahan pada ms. excel tersebut ialah:

  • Fungsi SUMIF
Untuk penjumlahan yang berdasarkan sebuah kriteria /syarat tertentu.
  • Fungsi SUMIFS
Digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat (Banyak kriteria).
  • SUBTOTAL
Fungsi subtotal bisa digunakan untuk menjumlahkan data yang terlihat saja (Mengabaikan Baris tersembunyi).
  • SUMPRODUCT
Digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian argumen-argumen yang ditentukan
  • COUNT
Untuk mengetahui banyak data bertipe numeric (non text)
  • COUNTA

Untuk mengetahui jumlah cell yang tidak kosong pada range data dan fungsi-fungsi excel lainnya.

"Cara menggunakan rumus microsoft excel adalah dengan menuliskan tanda sama dengan (=) untuk mengawali setiap penulisan rumus excel."

RUMUS PENGURANGAN DI MS EXCEL

Bagaimanakah cara melakukan pengurangan di excel? Cara menggunakan ms. excel untuk pengurangan data adalah menggunakan tanda minus ( - ).

Ms. Excel tidak menyediakan 'fungsi khusus' seperti "rumus penjumlahan" dengan fungsi SUM. Kenapa demikian ? saya juga tidak tahu. ehehehehe....

Cara menggunakan rumus pengurangan di excel cukup sederhana, seperti menuliskan soal pengurangan. Hanya saja pada awal rumus harus dikasih tanda sama dengan (=), ini sebagai tanda bahwa yang kita tuliskan adalah sebuah rumus excel/formula. Hal ini berlaku dalam penulisan rumus excel apapun.

Sebagai contoh untuk mengurangi angka 130 dengan angka 70 rumus excelnya adalah:

=130-70

Untuk mengurangi angka yang berada didalam cell tertentu, misalnya pada cell C2 di kurangi dengan nilai cell B2; maka rumus ms. excel (pengurangannya) adalah sebagai berikut :

=A6-A2

Perhatikan contoh rumus ms. excel pengurangan pada cell E2 berikut ini:

Rumus Ms Excel Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel by Santrie Salafie

Bagaimana ? Mudah 'kan ? Jika masih punya masalah dengan rumus ms. excel pengurangan, anda bisa menyampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Selanjutnya kita belajar tentang rumus ms. excel perkalian dan pembagian .

RUMUS PERKALIAN DI MS EXCEL

Bagaimanakah rumus perkalian di ms. excel ? Operasi perkalian menggunakan ms. excel bisa kita lakukan dengan beberapa cara seperti berikut:

1. Cara Perkalian Ms. Excel Pertama

Cara pertama yang digunakan untuk melakukan perkalian di excel adalah dengan menggunakan operator asterik atau tanda bintang (*).

Misalnya untuk mengalikan angka 2 dan 3 maka rumus perkaliannya adalah:

=2*3

Contoh lain rumus perkalian excel antar cell dengan tanda bintang, misalnya untuk mengalikan sel C2 dengan D2 seperti pada gambar berikut, rumus excel yang digunakan adalah:

=C2*D2
Rumus Ms Excel Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel by Santrie Salafie

Pada prakteknya Anda tidak perlu mengisi rumus secara manual pada setiap cell di bawah Cell E2. Setelah memasukkan rumus perkalian ms. excel pada Cell E2 , Anda cukup melakukan copy-paste pada cell yang lain di bawahnya .

2. Cara Perkalian Ms. Excel Kedua

Ms. Excel juga menyediakan fungsi khusus untuk mengalikan data, yaitu menggunakan fungsi 'PRODUCT' .

Misalnya untuk mengalikan cell C2 dan D2 pada contoh sebelumnya Anda juga bisa menggunakan rumus excel perkalian berikut:

=PRODUCT(C2:D2)

Setelah memahami cara mengalikan di ms. excel, lalu bagaimana cara membagi angka pada ms. excel ?

Rumus Pembagian Ms. Excel

Bagaimana rumus pembagian angka di ms. excel ? Untuk melakukan pembagian di ms. excel , gunakanlah operator slash /garis miring ( / ) .

Cara untuk membagi angka pada rumus ms. excel sama seperti beberapa cara sebelumnya. Contohnya, untuk membagi cell A1 dengan Cell A2 , maka rumus yang bisa Anda gunakan ialah sebagai berikut :

=A1/A2

Ingat! sebuah angka tidak boleh dibagi dengan nol ( 0 ) . Jika terjadi hal semacam ini pada ms. excel maka akan menghasilkan nilai 'error' ( #DIV/0 ).

Seperti yang seharusnya kita ketahui, ms. excel mengikuti aturan internasional dalam perhitungan sehingga peletakan tanda kurung " ( ) " juga akan berpengaruh pada hasil perhitungan ( dalam penjumlahan , pengurangan , perkalian dan pembagian ).

Jika penjelasan diatas ada yang kurang jelas tentang cara atau rumus + , rumus - , rumus x , maupun rumus / , di ms. excel, silahkan sampaikan dikolom Contact dibagian bawah.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel diatas adalah:
  • Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.

Semoga dengan membaca Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk Cara Melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian pada Ms Excel. Sebelum pergi, jangan lupa di Bookmark dan share tutorial ms. excel ini menggunakan tombol yang telah tersedia dibawah . Sampai berjumpa lagi pada pertemuan selanjutnya. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian Kritik Sastra Ciri Ciri Fungsi Manfaat dan Pendekatan

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->