Skip to main content

Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap

Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap by Santrie Salafie

Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah tentang Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap? Dimana lokasi Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap? Kapan berdirinya Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap? Dan siapakah pendiri Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap?

Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap. Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap.

Content

Profil Pesantren Ihya Ulumaddin

Nama : Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin
Alamat: Kesugiha, Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah (53274)
Telfon : (0282) 695032, 695829
Pendiri: KH Badawi Hanafi
Tahun Berdiri: 24 November 1925
Pengasuh: KH Chasbullah Badawi
Ciri Khas: Pesantren Salafiyyah

Sejarah Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap

Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin ini tepatnya berada di Desa Kesugihan, Kec. Kesugihan, Kab. Cilacap. Kehadiran Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin ini didasari dengan semangat keagamaan yang sangat kuat untuk berdakwah & turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertindas penjajah Belanda .

Tepatnya pada tanggal 24-11-1925 / 1344 Hijriyah, Seorang tokoh ulama Kiai H.Badawi Hanafi mendirikan sebuah pondok pesantren di Kesugihan . Beliau memanfaatkan musholla peninggalan ayahnya KH. Fadhil untuk mengawali perintisan pesantren. Musholla atau langgar tersebut dikenal dengan nama ”Langgar Duwur”.

Pada mulanya, Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin ini dikenal dengan nama "pondok pesantren Kesugihan" . Pada 1961, Pondok pesantren ini berubah nama menjadi pendidikan dan pengajaran agama Islam (PPAI).

Dan pada tahun 1983, kembali berubah nama menjadi pondok pesantren al Ihya Ulumaddin. Perubahan nama dilakukan oleh KH. Mustholih Badawi putra KH. Badawi. Perubahan itu dilakukan untuk mengenang almarhum ayahnya yang sangat mengagumi pemikiran al Ghazali tentang pembaharuan Islam.

Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan secara ekonomis berada di wilayah masyarakat Plural. Mereka terdiri dari nelayan, pedagang, petani, wiraswasta dan pegawai negeri. Dari segi geologis. lokasi pesantren dengan pusat kota.

Kondisi demikian tentu banyak mempengaruhi proses perubahan sosial didalam tubuh pesantren, meskipun mereka tetap berusaha menjaga dan memepertahankan tradisi keagamaan yang mempunyai nilai-nilai luhur. Keseimbangan itu bisa tercipta, karena masih adanya pengaruh kharismatik para kyai di wilayah Kesugihan yang dikenal dengan “Kota Santri”.

KH. Mustholih Badawi wafat pada tahun 1998. Pengasuh pondok pesantren di teruskan oleh adiknya yaitu KH. Chasbullah Badawi dan putranya KH Imdadurrohmahman Al Ubudi serta keluarganya.

Kegiatan Pendidikan di Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin

Pesantren Al Ihya Ulumaddin menyelenggarakan pendidikan formal seperti TK, MI, SLTP, MTS, SMU, MA, SMK TEKOM, dan Institut Islam Al Ghazali. Pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan non formal seperti Madrasah Diniyah, Majelis Ta’lim yang terdiri dari pengajian selasaan (1 minggu sekali) dan pengajian Jum’at Kliwonan (setiap selapan sekali).

Pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, pondok pesantren ini mengembangkan beberapa lembaga seperti pembinaan dan pengelolaan pusat informasi pesantren (PIP), penerbitan buletin berkala “Al Ihya” membina dan mengelola mading untuk santri, membentuk Forum kajian Ilmiyah keagamaan dan sosial kemasyarakatan bagi para sarjana muslim dan kiai muda, bekerjasama mendirikan pusat informasi keluarga maslahah.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap diatas adalah:
  • Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap didirikan oleh KH Badawi Hanafi pada tanggal 24 November 1925 dengan mengambil Pesantren Salafiyyah sebagai ciri khas pesantren. Pesantren Ihya Ulumaddin ini berlokasi di desa Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah.
Semoga dengan membaca Profil Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin Cilacap ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Pondok Pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Pondok Pesantren Daar El-Qolam Banten

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->