Skip to main content

Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin Pdf Download

Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin pdf Download by Santrie Salafie

Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin pdf Download — Kitab ini adalah karya dari seorang filsuf dan teolog muslim Persia, nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i. Namun dibeberapa wilayah, beliau lebih sering dikenal dengan nama Imam Ghazali.

Daftar isi

Kitab Ihya Ulumuddin juga merupakan karya terbesar Imam Ghazali, dan juga salah satu karya yang paling besar dalam perpustakaan ilmu agama islam. Walaupun terdapat banyak lagi karangan-karangan lainnya dari imam Ghazali, namun yang menjadi intisari dari seluruh karya yang beliau hasilkan adalah Kitab Ihya Ulumuddin ini.

Arti ihya ulumuddin adalah menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama. Itulah salah satu poin pokok yang membuat Imam Ghazali memberikan nama kitab ihya ulumuddin tersebut. Selain itu, alasan lainnya adalah dikarenakan pada masa itu ilmu-ilmu agama islam sudah hampir dilupakan dan kalah populer dengan ilmu-ilmu lainnya. Khususnya yang dipengaruhi oleh filsuf Yunani, yakni Aristoteles.

Sekilas Tentang Kitab al-Ghazali

Kitab Ihya' 'Ulumuddin merupakan karya yang paling agung karangan al-Ghazali. Diperkirakan dua tahun lamanya al-Ghazali tinggal di Damaskus. Disini pula ia mempunyai banyak kesempatan menulis karyanya yang monumental Ihya Ulumuddin (Ali,2012). Kitab ini telah dikarang oleh beliau dalam tem-po waktu 10 tahun (al-Syami, 2010).

Tujuan al-Ghazali menulis kitab ini ialah untuk menggalakkan umat Islam menyertakan ilmu dengan amalan karena ciri dari ilmu ialah amal dan membersihkan amalan dari kotoran-kotoran yang mengotorinya (al-Syami, 2010). Tujuan lain yaitu menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama.Pada waktu itu ilmu-ilmu Islam sudah hampir teledor(terlena) oleh filsafat Yunani, khusus filsafat Aristo-teles yang pada waktu itu dinamai 'ulum al-awail artinya pengetahuan orang jaman purbakala.

Untuk menghadapi keadaan demikian al-Ghazali memper-siapkan diri dengan memperbanyak bekal mendalami ilmu kalam, ilmu fiqh dan ilmu filsafat, hingga lahirlah karya-karya al-munqiz min al-dhalal, maqashid al-falasifah dan tahafut al-falasifah.

Syariat tanpa hakikat, menjadi bangkai tidak bernyawa. Hakikat tanpa syariat menjadi nyawa tidak bertubuh.

Dalam kitab ini, beliau berhasil menggabungkan antara keilmuan syariat dengan keilmuan hakikat. Dengan dasar itulah beliau ingin menghidupkan ilmu-ilmu agama.

Apabila ilmu telah dihidupkan kembali, syariat mesti bertemu dengan hakikat, amal shaleh harus memiliki nyawa iman.

Admin merekomendasikan Kitab ini kepada sahabat semuanya, disamping terjemahan kitab al-Hikam yang telah diposting sebelumnya. Seperti halnya yang pernah disampaikan oleh Tuan Guru Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Sekumpul-Martapura), yakni "Hikam dengan Ihya Ulumuddin sama dengan Kesempurnaan".

Download Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin Pdf

Didalam terjemahan bahasa indonesia ini Admin membaginya dalam 4 jilid.

Sebelum anda mendownload eBook Terjemahan Kitab Ihya Ulum addin pdf, Admin sudah siapkan juga eBook Terjemahan Kitab Alfiyah Ibnu Malik pdf (6 File Lengkap) yang bisa anda Download. Atau, Anda juga bisa mengunjungi halaman Pustaka Terjemah Kitab untuk melihat daftar terjemah kitab lainnya.

Untuk lebih singkatnya, Anda bisa langsung mendownload eBook Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin pdf pada tombol dibawah ini. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Berikut adalah link download terjemah kitab Ihya Ulumuddin 4 Jilid.

IhyaUlumuddin Jilid 1/4 IhyaUlumuddin Jilid 2/4 IhyaUlumuddin Jilid 3/4 IhyaUlumuddin Jilid 4/4

Lihat juga: Terjemah Kitab Tafsir Jalalain

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->