Skip to main content

Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban

Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban by Santrie Salafie

Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah tentang Pondok Pesantren Langitan Tuban? Dimana lokasi Pondok Pesantren Langitan Tuban? Kapan berdirinya Pondok Pesantren Langitan Tuban? Siapakah pendiri Pondok Pesantren Langitan Tuban? Dan siapakah Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban saat ini?

Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban. Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban.

Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Langitan Tuban

Sejarah Pondok Pesantren Langitan Tuban

Lembaga pendidikan yang saat ini ini ditempati oleh lebih dari 5500 santri yang berasal dari bermacam wilayah di Indonesia serta sebagian Malaysia ini dahulunya merupakan hanya suatu surau kecil tempat pendiri Pondok Pesantren Langitan, KH. Muhammad Nur mengajarkan ilmunya dan menggembleng keluarga dan tetangga dekat untuk meneruskan perjuangan dalam mengusir kompeni penjajah dari tanah Jawa.

KH. Muhammad Nur mengasuh pondok ini kira- kira sepanjang 18 tahun( 1852- 1870 Masehi), kepengasuhan pondok pesantren berikutnya dipegang oleh putranya, KH. Ahmad Sholeh. Sesudah kira- kira 32 tahun mengasuh pondok pesantren Langitan( 1870- 1902 Masehi.) kesimpulannya beliau meninggal serta kepengasuhan berikutnya diteruskan oleh putra menantu, KH. Muhammad Khozin. Beliau sendiri mengurus pondok ini sepanjang 19 tahun (1902-1921 Masehi). Setelah beliau wafat matarantai kepengasuhan dilanjutkan oleh menantunya, KH. Abdul Hadi Zahid selama kurang lebih 50 tahun (1921-1971 Masehi), dan seterusnya kepengasuhan dipercayakan kepada adik kandungnya yaitu KH. Ahmad Marzuqi Zahid yang mengasuh pondok ini selama 29 tahun (1971-2000 Masehi.) dan keponakan beliau, KH. Abdulloh Faqih. Untuk lebih jelasnya mengenai biografi para Pengasuh Ponpes Langitan ini, dapat dibaca pada “ Biografi Singkat 5 Pengasuh Ponpes Langitan ”.

Perkembangan Pondok Pesantren Langitan Tuban

Perjalanan Ponpes Langitan dari setiap periode, tetap memperlihatkan kenaikan yang dinamis serta signifikan. Tetapi perkembangan Ponpes Langitan ini berlangsung secara bertahap & kondisional (melakukan kegiatan lebih dari biasanya). Bermula dari masa KH. Muhammad Nur yang ialah suatu fase perintisan, lalu diteruskan masa H. Ahmad Sholeh dan KH. Muhammad Khozin yang dapat dikategorikan periode perkembangan. Kemudian berlanjut pada iepengasuhan KH. Abdul Hadi Zahid, KH. Ahmad Marzuqi Zahid dan KH. Abdulloh Faqih yang tidak lain adalah fase pembaharuan.

Dalam rentang masa satu setengah abad Pondok Pesantren Langitan telah menunjukkan kiprah dan peran yang luar biasa, berawal dari hanya sebuah surau kecil berkembang menjadi Pondok yang representatif dan populer di mata masyarakat luas baik dalam negeri maupun manca negara. Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang dididik dan dibesarkan di Pondok Pesantren Langitan ini, seperti KH.Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy'ary, KH. Syamsul Arifin (ayahanda KH. As'ad Syamsul Arifin) dan lain-lain.

Dengan modal berpegang teguh pada kaidah "Al- Muhafadhotu Alal Qodimis Sholeh Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah", Ponpes Langitan dalam perjalanannya tetap melaksanakan upaya- upaya revisi serta kontekstualisasi dalam merekonstruksi bangunan- bangunan sosio kultural, terlebih lagi dalam perihal pembelajaran & manajemen.

Usaha-usaha ke arah pembaharuan dan modernisasi memang sebuah konsekwensi dari sebuah dunia yang modern. Namun Pondok Pesantren Langitan dalam hal ini mempunyai batasan-batasan yang kongkrit, pembaharuan dan modernisasi tidak boleh merubah atau mereduksi orientasi dan idealisme pesantren.

Sehingga dengan demikian Pondok Pesantren Langitan tidak terombang- ambing oleh derasnya arus globalisasi. Tetapi malah kebalikannya, bisa menempatkan diri dalam posisi yang strategis, & malahan kadang- kadang disangka menjadi sebuah alternatif.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban diatas adalah:
  • Pondok Pesantren Langitan Tuban didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 Masehi, berlokasi di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dan yang mengasuh atau membina pada saat ini adalah KH. Ubaidillah Faqih yang akrab disapa Gus Ubed.
Semoga dengan membaca Profil Pondok Pesantren Langitan Tuban ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Pondok Pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->