Skip to main content

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2021

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2021 by Santrie Salafie

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2021 - Artikel berikut ini menjelaskan hal yang berkaitan tentang ramadhan 2021, idul fitri 2021, kalender 2021, awal puasa 2021, puasa 2021 berapa hari lagi, puasa tahun 2021 berapa hari, ramadhan 2021 kurang berapa hari. Baca sampai akhir supaya tidak salah paham.

Penetapan Awal Puasa

Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H pada 23 April 2020. Berbeda dari biasanya, sidang akan digelar dengan memanfaatkan sambungan komunikasi jarak jauh atau video konferensi.

Sidang Isbat Menggunakan Media Online

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa sidang Isbat dengan video konferensi menjadi bagian upaya Kemenag dalam menjaga kesehatan, mengingat keadaan seperti saat ini yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan sidang isbat secara langsung satu meja bundar.

"Isbat awal Ramadan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi,"terang Kamaruddin Amin di Jakarta, Minggu (05/04).

Lihat juga: Download 77 Tanya Jawab Seputar Shalat pdf (Tanya Jawab Ustadz Abdul Somad)

Undangan Sidang Isbat Awal Puasa

Menurutnya, hanya sebagian peserta yang dihadirkan ke kantor, yaitu perwakilan MUI, DPR, dan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Untuk pejabat eselon I dan II yang diundang juga hanya dari Ditjen Bimas Islam saja. Undangan lainnya bisa mengikuti malalui saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang akan disiapkan tim Kementerian Agama.

"Sidang Isbat akan dimulai sebelum waktu magrib, yang diawali dengan paparan posisi Hilal Awal Ramadhan tahun 1441 Hijriyah oleh Cecep Nurwendaya."terang Kamaruddin.

Pengumuman Hari Pertama Puasa Ramadhan

"Setelah Magrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup. Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul melalui jumpa pers,"sambungnya.

Kamaruddin menambahkan, pihaknya sedang mengkaji kemungkinan melakukan video konferensi pers juga sehingga tim media bisa mengikutinya dari kantor masing-masing.

Penutup

Itulah Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2020 tahun lalu. Kemungkinan besar, pada Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2021 saat ini juga akan digelar Kementerian Agama RI hampir sama atau bahkan sama dengan tahun lalu, yaitu dengan memanfaatkan sambungan komunikasi jarak jauh atau video konferensi. Mengingat wabah di Negara kita tercinta masih belum sepenuhnya sembuh total.

Tunggu konferensi pers Kemenag RI tentang Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2021 untuk informasi lebih akurat.

Salam santun dan semoga bermanfaat.

Lihat juga: Download 30 Fatwa Seputar Ramadhan oleh Ustadz Abdul Somad pdf

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->