Skip to main content

Pengertian Tartil Tajwid Tilawah Tahfidz Tahsin dan Tadabbur

Pengertian Tartil Tajwid Tilawah Tahfidz Tahsin dan Tadabbur by Santrie Salafie

Assalamu'alaikum semuanya, kali ini Admin akan mencoba mengulas tentang pengertian Tartil, Tajwid, Tilawah, Tahfidz, Tahsin dan Tadabbur. Karena beberapa hari terakhir ini, enam kata itu (Tartil, Tajwid, Tilawah, Tahfidz, Tahsin dan Tadabbur) membuat ghirah Admin memuncak untuk terus mencoba mendalami Al Qur'an. (Semoga bisa terus istiqamah, Amin.)

Daftar isi:

6T Al Qur'an (Tartil, Tajwid, Tilawah, Tahfidz, Tahsin, dan Tadabbur)

6T Al Quran ini, terdiri dari enam kata yang berawalan huruf "T", dan berkaitan erat dengan pembelajaran alQuran. 6T dalam Al Quran yang akan kita pelajari ini, sengaja Admin kumpulkan dan rangkum secara singkat.

Tidak lain adalah untuk memudahkan dalam memahaminya. Namun, yang perlu diketahui sebelumnya adalah masih banyak kata atau kalimat yang berawalan huruf "T", dan berhubungan dengan Al-Qur'an yang lainnya.

Tartil Tajwid Tilawah Tahfidz Tahsin Tadabbur

Informasi mengenai pengertian dan arti dari tahfidz ini, sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan. Yang Admin tujukan untuk semua orang. Baik itu dari kalangan umat Islam (khususnya), maupun seluruh lapisan keagamaan lainnya. Guna menambah khazanah keilmuan dalam bidang pengertian, arti, serta maknanya.

Pengertian Tahsin

Secara bahasa, kata 'tahsin' artinya memperbaiki, atau menghiasi, atau membaguskan, atau memperindah, atau membuat lebih baik dari semula.

Pengertian Tilawah

Lalu kata 'tilawah' artinya membaca atau bacaan. Adapun secara istilah, tilawah adalah membaca Al Quran dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya, dan berhati-hati dalam melafadzkan-nya supaya lebih mudah untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Pengertian Tahsin Tilawah

Dari dua definisi tersebut, bisa disimpulkan bahwa makna tahsin tilawah adalah upaya memperbaiki atau membaguskan bacaan Al Qur'an dengan baik dan benar sebagai realisasi dari firman Allah Ta'ala dalam surah Al Muzzammil ayat 4 yang artinya :

-Dan bacalah al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan. ( QS Al Muzzammil ayat 4 )-

Berdasarkan ayat di atas, Allah memerintahkan hamba-Nya untuk membaca Al Qur'an dengan tartil yang sebenar-benarnya, tidak membaca Al Qur'an dengan asal-asalan, dan agar bisa membaca Al Qur'an dengan tartil yang sebenar-benarnya seorang muslim dituntut untuk mempelajari bacaan Al Qur'an dengan baik dan benar yang dalam ini diistilahkan dengan 'tahsin tilawah Al Qur'an'.

Pengertian Tajwid

Lalu tajwid bermakna memperbagus atau memperbaiki. Secara istilah, arti tajwid menurut ulama Ahlul Quran adalah mengucapkan setiap huruf dari makhraj secara benar, dengan memperhatikan dan menunaikan seluruh hak-nya (Sifatul Huruf secara absolute. Misalnya: hams, jahr, isti'la, dll.), dan menunaikan seluruh mustahak-nya (Sifatul Huruf secara kondisional. Misalnya: idzhar, iqlab, ikhfa', dll.) dengan tanpa berlebihan, dan tanpa takalluf atau mempersulit diri serta tanpa ta'assuf atau semaunya sendiri.

Pengertian Tahfidz

Adapun juga kata tahfidz, yang bermakna menghafal dan tadabbur (memahami, mendalami). Sehingga seorang muslim tidak hanya sekedar membaca Al Qur’an saja, tapi juga menghafal dan memahaminya.

Baca juga:

Dalam tanya jawab kajian, Ustadz Rusmanto sedikit menyinggung dengan perbedaan makna Al Qur’an dengan Mushaf. Beliau mengatakan, kenapa disebut Al Qur'an? Jawabannya adalah karena sudah berbunyi. Itu artinya, seseorang harus membaca dan melafadzkannya (membunyikan). Ini juga yang menjadi perintah kenapa Al Qur’an harus dibaca atau dibunyikan. Karena jika tidak bunyi, maka namanya adalah Mushaf (lembaran).

Di sesi akhir kajian, beliau juga menambahkan bahwa orang yang rajin berinteraksi dengan Al Qur’an, maka Al Qur’an nanti akan menjadi “pengawal” manusia di alam ghaib (kubur).

Pengertian Tartil Tajwid Tilawah Tahfidz Tahsin dan Tadabbur secara Singkat

Dengan demikian, secara singkat dapat disimpulkan dari pengertian Tartil, Tajwid, Tilawah, Tahfidz, Tahsin dan Tadabbur adalah:

  1. Tartil adalah mengaji secara benar dengan memperhatikan dan menggunakan tajwid.
  2. Tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al Quran dengan benar yang meliputi panjang pendeknya bacaan, makharijul huruf, dan sifatul huruf.
  3. Tilawah adalah mengaji dengan menggunakan lagham atau alunan sesuai kaidahnya, yang biasanya lebih mengutamakan panjangnya nafas dan berkaitan dengan seni baca Al Quran.
  4. Tahfidz adalah kegiatan untuk menghafalkan ayat-ayat Al Quran.
  5. Tahsin adalah tuntutan supaya dalam membaca Al Quran harus benar, dan tepat sesuai dengan contohnya.
  6. Tadabur adalah mempelajari, dan mengkaji lebih dalam tentang makna atau kandungan terhadap suatu ungkapan tertentu.

Wallahu a'lam.

Penutup: semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang pengertian tartil, tajwid, tilawah, tahfidz, tahsin, dan tadabbur. Serta, mudah-mudahan bisa selalu istiqamah dalam kebaikan. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Perjalanan Panjang Abu Nawas ke Indonesia.

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->