Skip to main content

Download Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah pdf

Download Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah pdf by Santrie Salafie

Download Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah pdf - Bagaimana kabar hari ini sahabat Santrie Salafie? mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah swt. Amin.. Dikesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Download Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah.pdf

Langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Download Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah.pdf

Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين وبعد، فهذه مقدمة في علم العربية متممة لمسائل الأجرومية، تكون واسطةً بينها وبين غيرها من المطولات؛ نفع الله بها كما نفع بأصلها في الحياة وبعد الممات.

Segala puji bagi Allah SWT beserta sholawat dan salam atas pemimpin kami muhammad SAW dan atas keluarganya serta para sahabatnya semua.

Adapun selanjutnya, Permulaan kitab ini merupakan ilmu tentang tata bahasa arab sebagai penyempurna masalah yg terdapat dalam kitab jurumiyah sebagai mediasi terhadap kitab yg lainya, melalui pembahasan panjang tentang ilmu nahwu.

Semoga Allah SWT memberikan manfaat kitab tersebut sebagaimana memberikan manfaat pada pokok kehidupan dan setelah kematian.

الكلام وما يتألف منه

الكلام هو اللفظ المفيد بالوضع واقل ما يتألف من اسمين نحو: زيد قائم او من فعل واسم نحو قام زيد، والكلمة قول مفرد وهي اسم وفعل وحرف.

Kalam dan apa yang tersusun didalamnya

Kalam adalah lapadz yang berfaedah dalam bahasa arab. Sedikitnya kalam tersusun dari 2 isim, seperti contoh " (زيد قائم) Jaid itu Berdiri atau dari fiil dan isim. Seperti contoh (قام زيد) Zaid Telah berdiri (قام زيد).

Keterangan : Untuk lebih menguatkan pemahaman tentang kalam, ada baiknya kita menggaris bawahi "bahwa kalam tekadang terdiri dari Isim dan Isim dan terkadang dengan fiil dan Isim.

Sebagai mana contoh diatas : "(زيد قائم) terdiri dari Isim dan Isim sedangankan (قام زيد) terdiri dari Fiil dan Isim.

Adapun kalimat adalah ucapan mufrod yang terdiri dari Isim, Fiil, dan Huruf.

فالاسم يعرف بالإسناد إليه، وبالخفض وبالتنوين وبدخول الألف واللام وحروف الجر الخفض؛ والفعل يعرف بقد والسين وسوف وتاء التأنيث ؛

Ciri Ciri Isim Dan Fiil

Isim bisa diketahui dengan isnad ilah, khafadl, tanwin, kemasukan huruf alif-lam, dan huruf huruf khafad (jar) Adapun fiil bisa diketahui dengan qod, sin, saufa, ta ta'nist. Fiil terdiri dari tiga bagian diantanya, (1) Fiil Madhi, (2) Fiil Mudhari, (3) Fiil Amar.

Download Kitab Mutammimah Jurumiyah

Sebelum anda mendownload eBook Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah pdf, Admin sudah siapkan juga eBook Terjemahan Kitab Jurumiyah pdf yang bisa anda Download.

Untuk lebih singkatnya, silahkan download eBook Terjemahan Kitab Mutammimah Jurumiyah pdf pada tombol dibawah ini. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Download

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->