Skip to main content

Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia

Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia by Santrie Salafie

Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia? Bagaimana Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia yang baik? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia.

Kisah dari salah satu Freelance Proofreader

Saya telah menjadi korektor freelance selama lebih dari satu dekade, dan telah menyukai setiap menitnya.

Pada waktu itu, saya sudah meminta banyak orang untuk bertanya kepada saya, “Bagaimana saya bisa menjadi korektor freelance? Bagaimana saya memulai? Bagaimana jika saya melakukan kesalahan? Bagaimana jika saya tidak tahu harus berbuat apa? ”

Mereka suka membaca, bekerja dengan kata-kata (beberapa bahkan pernah membaca sebelumnya) tetapi takut untuk lepas. Mereka tidak tahu apakah mereka bisa melakukannya sendiri. Apa yang harus saya katakan kepada orang lain yang merasakan hal sama adalah saya mengerti, karena saya pernah berada dalam situasi yang sama.

Saya tahu saya bisa bertahan, tetapi saya tidak tahu apakah saya bisa meninggalkan keamanan kerja, penghasilan tetap, dan rutinitas harian (jika tidak ada pikiran). Saya juga tidak yakin apakah saya bisa menjadi bos untuk saya sendiri dan semua tanggung jawab yang menyertainya.

Yang saya tahu adalah saya tidak bisa menangani pekerjaan korporat lagi. Saya juga ingin dapat melihat kembali kehidupan dan mengatakan bahwa saya mengejar impian saya, saya mencoba yang terbaik, dan saya ingin hidup bebas. Jadi yang saya lakukan adalah membuat rencana untuk melarikan diri dari kesibukan dan membangun kepercayaan diri sendiri.

Saya duduk berhari-hari untuk mencoba mendapatkan pekerjaan proofreading jarak jauh (online), dan saya mengambilnya terlepas dari ukuran atau bayarannya. Memiliki seseorang yang mengatakan "ya" kepada saya adalah motivator terbesar untuk terus maju. Saya merasa lebih baik tentang keterampilan dan kemampuan yang saya miliki untuk mengurus diri sendiri. Saya juga belajar cara berpikir dan bertindak seperti orang yang bekerja sendiri.

Selama setahun saya mengoreksi pekerjaan penuh waktu di perusahaan saya, sampai saya memiliki dana darurat di bank dan saya merasa 100% yakin bahwa saya bisa berhasil di luar sana. Jika keadaan menjadi sulit, saya tahu bagaimana harus mengambil langkah untuk terus maju.

Karena hanya itu yang dapat Anda lakukan ketika Anda seorang freelancer — jika segalanya melambat atau Anda ditolak, Anda belajar bahwa Anda harus terus memasarkan diri sendiri dan terus mencari pekerjaan.

Seperti usaha lainnya, apa pun yang Anda jalani dalam hidup. Hasil yang Anda dapatkan, bergantung pada pekerjaan yang Anda lakukan. Karena itu akan terbayar jika Anda bekerja keras dan tidak menyerah.

Jadilah kreatif, coba hal-hal baru, jangan takut ditolak atau bahkan diterima. Proyek apa pun yang Anda pilih, ada banyak sumber yang bisa Anda rujuk. Sebuah rintangan besar yang dimiliki oleh seorang freelancer baru adalah berada di pertunjukan pertama. Saya telah mengumpulkan beberapa tips untuk membantu Anda memulai.

Keluar dari Lingkaran Pemula

Hambatan yang menghantam korektor baru adalah bahwa Anda tidak memiliki cukup pengalaman untuk suatu pekerjaan, tetapi kemudian bagaimana Anda bisa mendapatkan pekerjaan jika Anda tidak memiliki pengalaman? Ini adalah salah satu bagian yang paling membuat frustrasi dalam memulai karir lepas. Tetapi bertahanlah di sana, karena begitu Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda, segalanya akan menjadi lebih mudah.

Berikut beberapa tips untuk keluar dari lingkaran pemula:

1. Relawan Layanan Proofreading Anda

Saya mulai menjadi sukarelawan sebagai korektor untuk sebuah penerbit, dan tidak butuh waktu lama bagi saya untuk mendapatkan pekerjaan pertama saya setelah itu. Kesukarelawanan adalah cara terbaik untuk membangun pengalaman Anda, tetapi juga untuk mengasah keterampilan dan mempersiapkan diri Anda untuk pekerjaan yang dibayar. Anda belajar bagaimana berkomunikasi dengan klien, bagaimana mengelola tenggat waktu, proses dan sistem apa yang paling cocok untuk Anda, dll.

Bonus tambahan adalah dapat meminta testimoni klien sukarela (dan mungkin mereka akan berubah menjadi klien yang membayar juga!).

Tempat Anda dapat menjadi sukarelawan:

  • Organisasi nirlaba
  • Klub dan asosiasi
  • Bisnis lokal kecil
  • Pengusaha

2. Lamar Untuk Pekerjaan Tingkat Awal

Secara garis besar, anggap saja Anda baru mengenal proofreading dan memulai dari awal. Saat melakukan pencarian kerja, lihat pekerjaan proofreading sederhana yang hanya membutuhkan beberapa tahun pengalaman. Keterampilan itu akan lebih mudah bagi Anda untuk diselaraskan.

3. Bergabung dengan Agensi Penyuntingan

Agensi penyuntingan mencocokkan penulis dengan korektor / editor lepas, dan biasanya melayani komunitas bisnis dan akademik. Mereka menyewa korektor untuk bekerja pada konten bisnis atau akademik. Jika Anda memiliki latar belakang tingkat tinggi yang kuat dalam bidang medis / sains, Anda dapat menemukan artikel-artikel dan naskah - naskah proofreading kerja melalui agen penyuntingan akademik.

Bonus besar di sini adalah bahwa ketika Anda diterima oleh agen Anda dan tidak perlu memasarkan diri Anda untuk mencari pekerjaan, mereka mengirimkannya kepada Anda, dan juga akan bertindak sebagai mediator jika ada pertikaian dengan penulis. Beberapa agensi bahkan akan menawarkan umpan balik pada pekerjaan Anda jika Anda masih pemula.

Beberapa agen penyunting adalah:

  • Editorial Capung
  • Editage
  • Bukti-Membaca-Layanan.com
  • Layanan Penerbitan
Layanan penerbitan sangat populer di kalangan penulis indie. Setelah penulis menyelesaikan naskah mereka, mereka bergabung dengan layanan penerbitan untuk mengoreksi buku mereka, menerbitkan, dan mendistribusikannya.

Beberapa perusahaan penerbitan sendiri adalah:

  • Lulu
  • Bookbaby
  • Pesan Dalam Kotak

4. Bergabunglah dengan Situs Tawaran Pekerjaan

Situs tawaran kerja seperti Fiverr, Upwork, dan Damongo sangat populer untuk menemukan pekerjaan penyeleksian lepas satu kali, tetapi saya selalu mengingatkan orang untuk menggunakan situs ini dengan cermat. Banyak peluang diposting di situs-situs ini setiap hari dan ada banyak kompetisi. Perlu diingat bahwa waktu yang Anda habiskan melamar dan melamar pekerjaan, Anda bisa memasarkan diri Anda langsung ke pelanggan potensial, tanpa persaingan. Orang-orang telah menemukan klien sukses dan reguler di situs ini. Jadi, untuk menggunakannya adalah pilihan Anda.

Menjadi Proofreader Freelance
Ingatlah, impian Anda untuk menjadi bos sendiri dan menikmati kehidupan yang fleksibel. Anda akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga, berlibur ketika Anda membutuhkannya, membawa uang ekstra untuk hidup lebih nyaman, atau bahkan mengambil dan pergi kapan pun, di mana pun Anda inginkan.

Ingatlah untuk bekerja keras dan terus maju karena itu tidak akan sia-sia.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia diatas adalah:
  • Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari ke poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
Semoga dengan membaca Cara Menjadi Freelance Proofreader Indonesia ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk Menjadi Freelance Proofreader Indonesia. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami?

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->