Skip to main content

Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta

Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta by Santrie Salafie

Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta? Apa saja Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta yang baik? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Tips-Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta.

Jatuh Cinta

Saat seorang pria mencintai wanita, dalam dirinya akan muncul dorongan untuk berusaha agar cintanya diterima. Namun sayang, sepanjang perjalanan menuju ke pernikahan itu, banyak sekali amalan atau langkah yang dia lewatkan sehingga berdampak pada gagalnya pernikahan yang diimpi-impikan dan hilangnya keberkahan hidup.

Oleh karena itu ku tulis, bacalah ringan-ringan bait tulisan ini, harapku semoga menginspirasi. Sebelum tiba saat itu, persiapkan dulu dan pastikan semuanya baik dan terkendali.

Beruntunglah engkau jika mendapatkan wanita idaman. Belum lagi cantik dan keayuan paras mereka sungguh sangatlah indah dan menggoda, sedangkan ketertarikan pria pada kaum hawa adalah fitrah, karenanya simaklah agar kau tak terperdaya.

1. Pastikan terlebih dulu

Ketika kalian mengharapkan seseorang untuk dijadikan istri, pastikan wanita yang kalian taksir itu perempuan tulen, bukan setengah-setengah atau jadi-jadian, termasuk trans-gender. Maaf, tidak bermaksud menyinggung golongan tertentu. Tapi, kami ingin mewaspadai oknum-oknum yang ingin merugikan dengan motif sesuatu.

Dalam beberapa kasus, ada pemuda yang menikahi seorang wanita. Ternyata, ketika malam pertama sang suami dikagetkan oleh kenyataan bahwa wanita yang selama ini dipacarinya bukanlah perempuan sejatinya. Jadi berabe kan nanti jika itu terjadi pada kalian.

2. Tetaplah menjaga diri

Menjauhi fitnah lebih mulia dari pada menunjukkan hasrat, sekalipun itu fitrah. Sebagai laki-laki muslim yang pemberani, tidaklah pantas ia mengatakan “cinta” sebelum ada akad nikah.

Sadarlah, sejatinya engkau bukan siapa-siapa! Jangan pake modus “Uhibbuki Fillah” Ibu kita lebih pantas kita cintai daripada wanita yang barus aja kita temui.

Hei Jagoan, berani cinta tak takut nikah, takut nikah jangan cinta, takut cinta, menderita saja! Semoga dengan penderitaan itu engkau jadi lebih kuat.

Ingat sabda Rasulullah ﷺ : “bahwa laki-laki kuat bukanlah dia yang mampu memenangkan gulat dan pertarungan, tetapi dialah yang mampu menahan syahwat.

Mengatakan cinta ada konsekuensinya. Bertanggungjawablah jika engkau tulus padanya. Wanita juga memiliki perasaan, bisa jadi iseng darimu membuahkan pedih dan pilu untuknya.

3. Cari Tahu Statusnya

Bisa jadi ketika engkau pergi ke suatu tempat, kemudian bertemu seorang yang membuatmu jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Hal pertama yang harus engkau lakukan adalah memastikan, apakah si dia sudah menikah, atau menerima lamaran? Nabi Muhammad ﷺ bersabda:
لَا يَخْطُبَ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ
"Janganlah pria meminang wanita yang sudah dilamar".HR. Bukhari
Lebay banget kayaknya, tapi itu perlu. Supaya kalian tidak sedih nantinya. Supaya kalian tidak mengatakan, “Nyesel… Kalau gitu, ngapain tahu namanya.”

Di dalam Islam, tak perlu menunggu simbol janur kuning melengkung untuk menyerah. Saat sudah ada kesepakatan kapan beli janur, saat itu pula laki-laki lain yang bukan calon suami sang wanita harus kalah. Nasihat ini juga berlaku kalau kalian ingin mengadakan PDKT. Tanya dulu statusnya.

4. Jangan mudah tergoda

Pastikan kalian tidak mencintai, atau pun suka dan kagum pada seorang wanita yang belum pernah bertemu secara langsung, lebih-lebih si doi nggak kenal sama sampean. Jika kalian yang jauh saja bisa timbul rasa suka, bagaimana yang kenal dekat!

Oleh karena itu, jangan mudah tergoda dengan wanita di sosmed, jangan pula berusaha menggoda atau merayu mereka. Jangan simpan fotonya. Jangan menyibukkan dirimu dari melihat sesuatu yang bukan milikmu.

5. Ingatlah selalu kepada Allah swt

Ketika tekadmu sudah kuat serta tiba saatnya khitbah, sadarkan dirimu sendiri. Bahwa pada hakikatnya kalian sedang meminta kepada Tuhannya dengan perantara orang tuanya. Jangan hinakan dirimu karena ingin diterima. Yakinlah, jika engkau ditolak, Allah sudah menilai usaha dan ikhtiarmu.

Ini adalah dasar seseorang memaknai sebuah hubungan. Karena sebelum menikah harus terlebih dulu mempelajari makna dan tanggung jawab suami-istri.

Untukmu yang masih tertipu oleh fatamorgana pacaran, bertaubatlah!

Sebab akan ada banyak ujian dalam pernikahan. Selama apapun hubungan pacaran yang kalian jalin, jika tanpa ilmu dan kesabaran, maka bersiaplah pernikahan yang kalian harapkan akan pupus. Dengan kata lain, pacaran itu tidak berguna.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta diatas adalah:
  • Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari ke poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan. Intinya, ikhtiar dan berdo'a kepada Allah swt adalah kunci utamanya.
Semoga dengan membaca Tips Islami untuk Cowok ketika Jatuh Cinta ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk menjaga kemurnian cinta yang kita miliki. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Islami menjadi Wanita Idaman

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install

  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama"
  4. Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.

Atau, ikuti Santrie Salafie di Google News dengan klik icon untuk mulai mengikuti dan mendapatkan pengalaman membaca lebih mudah.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->